06 August 2010

Review Fungsi Bagian-bagian Mikroskop

Artikel ini sudah ada pada posting Apa itu Mikroskop ? pada kesempatan anggap sebagai rangkuman bagian-bagian mikroskop (beberapa saja), sebagai berikut :

  1. Lensa Okuler, lensa yang terletak pada ujung mikroskop, dekat mata. Biasanya pembesarannya 10 kali, 12.5 kali atau 16 kali. Pada mikroskop majemuk yang menggunakan satu lensa okuler disebut mikroskop monokuler dan yang menggunakan dua lensa disebut mikroskop binokuler.Lensa ini berguna untuk memperbesar bayangan nyata dari lensa objektif sehingga dihasilkan bayangan maya yang kita lihat.
  2. Lensa Objektif, lensa yang terletak dekat spesimen. Umumnya memberikan 4 macam pembesaran yaitu 4 kali, 10 kali, 40 kali, dan 100 kali. Lensa ini berguna untuk memberikan pembesaran pertama dan menghasilkan bayangan nyata yang kemudian diproyeksikan ke atas ke lensa okuler.
  3. Diafragma, Dapat dibuka atau ditutup untuk mengatur sejumlah cahaya yang masuk.
  4. Kondensor, Menyatukan cahaya yang masuk serta mengatur intensitas cahaya dengan menaikan atau menurunkan kondensor. Kondensor ini lensa pengumpul cahaya di bawah meja mikroskop yang memusatkan cahaya pada spesimen.
  5. Makrometer (pengatur kasar), menggerakan batang/tabung mikroskop untuk mengatur fokus sehingga objek yang akan dilihat bisa AGAK nampak.
  6. Mikrometer (pengatur halus), menggerakan batang/tabung mikroskop untuk mengatur fokus sehingga objek yang akan dilihat bisa nampak dengan tepat/fokus.
Berikut saya tampilkan Gambar Proses Pembentukan Bayangan Pada Mikroskop Majemuk :





Untuk mendapatkan gambar yang lebih jelas silahkan klik saja pada gambar tersebut di atas.

Sumber Pustaka : Capuccino, James G and Natalie Sherman. 1983. Microbiology a Laboratory Manual. California : Addyson-Wesley Publising Company, Inc.

0 Comments:

Search di Google

blogger templates | Make Money Online

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner