09 August 2010

Pengukuran Slide Preparat Mikroskop dengan Mikrometer

Posting artikel mengenai pengukuran dengan mikrometer sudah sedikit di bahas sebelumnya, dan pada kesempatan ini saya coba menjelaskan kembali sebagai berikut.


Untuk mengkalibrasi skala pengukuran pada mikroskop terdapat 2 skala yang digunakan, yaitu skala okuler (yang diletakkan di lensa okuler) dan skala objektif (yang diletakkan di meja objek). Pada perinsipnya sekala okuler adalah skala yang terdiri dari 1-100 dimana jarak antara garis sama tetapi tidak diketahui nilainya. Sedangkan pada skala objektif adalah sekala yang terdiri dari 1-100 dimana jarak antara garis memiliki nilai 0,01 mm. Skala okuler tidak berubah ukurannya walaupun pembesaran diubah sedangkan skala objektif akan berubah ukurannya apabila pembesaran diubah. Oleh karena itu, kalibrasi dilakukan agar skala okuler memiliki nilai dari parbandingan skala objektif dengan sekala okuler di setiap pembesaran.

Contoh Kalibrasi :

Baik skala objektif dan skala okuler diletakan saling berhimpit, setelah itu dilihat garis mana yang paling berhimpit dari kiri ke kanan. Setelah itu di hitung berapa sekala okuler dan berapa sekala objektifnya dengan rumus SKALA OBJEKTIF/SKALA OKULER.

0 Comments:

Search di Google

blogger templates | Make Money Online

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner