19 August 2010

Mendapatkan Cahaya Terbaik pada Pembesaran Objektif 100 kali

Tips dan Trik Mendapatkan Cahaya Terbaik pada Pembesaran Objektif 100 kali.


Pada posting kali ini saya sedikit sharing menggunakan mikroskop dengan pembesaran objektif 100 kali. Artikel ini masih sejalan dengan artikel sebelumnya tentang menggunakan langsung objektif 100 kali. Perlu kita ketahui pada pembesaran ini, kondisi lensa objektif dengan slide preparat pada posisi nempel (harus menggunakan immersion oil). Dengan kondisi ini cahaya yang masuk berkurang bila dibandingkan dengan pembesaran sebelumnya. Ini salah satunya disebabkan oleh jumlah lensa objektif 100 kali (lapisan penyusun lensa lebih banyak, empat la pis, seperti gambar di bawah. Contoh ini hanya lensa objektif dengan pembesaran 10 kali.....bukan 100 kali. Sebagai gambaran saja.


Kemudian tips dan trik untuk mendapatkan cahaya dan fokus yang baik sebagai berikut :
  1. Atur dan buka bukaan pengatur lampur pada mikroskop, bila perlu pada posisi maksimal cahaya .
  2. Naikkan kondensor mendekati posisi slide preparat pada meja objek sambil kita pantau/amati di lensa okuler intensitas cahaya yang dihasilkan. 
  3. Atur diafragma/bukaanya, sampil posisi terkecil untuk mendapatkan titik fokus yang terbaik (cahaya terkumpul dengan baik).


Sekian, mudah-mudahan bermanfaat...silahkan comment dan sharing pengalaman pada blog ini dengan menekan tombol comment di bawah artikel ini (masukan, saran dan kritik yang tentunya membangun dan menambah wawasan kita bersama khususnya mengenai mikroskop dan hal-hal lainnya......

0 Comments:

Search di Google

blogger templates | Make Money Online

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner