20 November 2012

Perkembangan Mikroskop (2)

Artikel sebelumnya mengenai penemu dan perkembangan mikroskop, ceritanya saya ingin menyampaikan siapa penemu dan seperti apa mikroskop pertama-tama di buat dan diciptakan oleh penemu mikroskop. Toh terus terang saja....saya secara pribadi hanya mengenal mikrsokop yang sudah ada pada saat sekarang dengan model dan tipe yang kita gunakan sesuai keperluan kita. Dengan harapan, setelah mengetahui perjuangan para penemu mikroskop, kita sebagai insan yang hanya tinggal menggunakan harus benar-benar bertanggung jawab sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing.
 
Beberapa hal yang harus diperhatikan sesuai tugas pokok masing-masing, misalnya :
  1. Saya secara pribadi sebagai seorang Pranata Laboratorium Pendidikan (Laboran/Teknisi) akan merawat/memelihara dan melakukan maintenance rutin terhadap mikroskop yang ada di laboratorium saya sehingga fungsinya bisa menunjang tujuan pembelajaran atau penelitian dengan baik.
  2. Anda sebagai mahasiswa yang menggunakan fasilitas laboratorium diantaranya mikroskop, harus mengikuti prosedur dan tata cara yang benar mengenai penggunaan mikroskop mulai pengisian daftar monitroing penggunaan mikroskop, penggunaan mikroskop yang baik dan benar, sampai kepada penyimpanan kembali. 
  3. Anda sebagai seorang Dosen, tentunya jangan lupa harus selalu menyampaikan petunjuk atau arahan kepada para mahasiswa prosedur yang baik dan benar mengenai penggunaan mikroskop.
  4. Anda sebagai peneliti, diawasi atau tidak oleh petugas dalam penggunaan mikroskop wajib dengan prosedur yang benar. Karena ketidakdisiplinan pemakai dalam menggunakan mikroskop, imbasnya akan kena ke pemakai itu sendiri. Misalnya pengguna menggunakan atau mengamati preparat basah atau yang mengandung unsur pewarna atau cairan dan lupa tidak membersihan kembali dengan tissue lensa, maka beberapa hari kemudian mikroskop tersebut akan kena jamur atau lensanya terhalangi kotoran, sehingga ketika Anda akan melakukan pengamatan kembali tidak dapat mengamati objek dengan baik. 
Pada kesempatan ini, kembali kepada perkembangan mikroskop yang diuraikan di atas, penulis hanya menampilkan beberapa jenis saja yang familiar dan sering berinteraksi dengan jenis-jenis mikroskop tersebut di atas.
Mikroskop tersebut tentunya mungkin entah generasi keberapa dari para penemu yang sudah diuraikan, tapi walau demikian sudah sangat pesat dan maju perkembangan mikroskop baik dari sisi lensa, teknologi, dan ataupun mekaniknya.

Kita lihat mikroskop yang ada di atas : 
  1. Gambar huruf A, adalah Mikroprojector. Ini adalah jenis mikroskop lsitrik yang objek nya langsung bisa diamati di depan pengguna/pengamat tanpa harus melihat di bagian lensa okuler. Jenis mikrokop ini sudah jarang dipakai karena sejalan dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan sudah muncl jenis mikroskop lagi yang bisa langsung ke TV, LCD, ataupun ke Laptop dengan bantuan adapter berupa kamera kecil dengan ccd atau sejenisnya. Seperti gambar berikut : 
 bersambung.............

0 Comments:

Search di Google

blogger templates | Make Money Online

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner