03 November 2012

Mengubah/modifikasi mikroskop cahaya menjadi mikroskop listrik


Pada posting arikel sebelumnya mengenai apa itu mikroskop disana dijelaskan diantaranya pengertian, bagian-bagian mikroskop, macam-macam mikroskop. Mikrsokop diketahui ada mikroskop cahaya dan mikroskop listrik. Mikroskop cahaya adalah mikroskop yang sumber penerangannya menggunakan atau berasal dari sinar matahari, sedangkan mikroskop listrik sumber cahaya dengan arus listrik. Dengan demikian  kedua jenis mikroskop tersebut memiliki karakter kekurangan dan kelebihan tersendiri. Kekurangan dan kelebihan lebih detail mengenai kedua jenis mikroskop tersebut insya alloh akan diulas pada posting artikel berikutnya. 

Pada kesempatan ini penulis hanya akan sharing pengalaman ketika menggunakan mikroskop cahaya. Kelebihan menggunakan mikroskop cahaya adalah pengguna akan dilatih secara tidak langsung diantaranya bagaimana caranya mendapatkan cahaya (mengatur cermin, dengan cekung atau cembung) dan sumber cahaya. Sedangkan kalau dengan mikroskop listrik keterampilan mencari cahaya tidak ada karena hanya tinggal langsung menyalakan saklar pada mikroskop. 

Kelemahan menggunakan mikroskop cahaya adalah ketika pengamatan menjelang sore atau situasi agak mendung otomatis sumber cahaya berkurang dan cahaya pada mikroskop ke pantualan objek menjadi tidak jelas. 

Solusi atas kelemahan tersebut di atas adalah dengan cara memberi lampu atau mengganti cermin dengan lampu hasil modifikasi (pada gambar ditunjukkan dengan garis merah) sehingga bisa digunakan sebagai sumber cahaya pada mirkoskop listrik. Lampu ini fleksibel bisa dipasang dan dicabut atau diganti kembali ke cermin. Gambar sebagai berikut :


0 Comments:

Search di Google

blogger templates | Make Money Online

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner