08 May 2009

Pembuatan Slide Preparat Mikroskop


Bagaimana sebenarnya pembuatan slide preparat mikroskop ? Gambar di atas adalah salah satu contoh slide preparat yang dibuat dengan suatu proses yang cukup panjang melalui beberapa tahap kegiatan. Tahapan-tahapan ini juga tergantung dari slide preparat apa yang diinginkan. Misalnya Preparat tumbuhan dan preparat hewan/histology berbeda tentunya dalam hal proses ataupun tahapan pembuatannya. Begitu juga di beberapa bidang ilmu atau instansi tertentu juga memiliki jenis preparat yang berbeda. Pada posting artikel kali ini saya akan lebih fokus kepada pembuatan slide prepaarat tumbuhan dan hewan (kategori umum, dan yang sudah saya lakukan dan produksi). Sebelum saya mulai tahapan-tahapan pembuatan slide preparat ini, ada beberapa hal perlu diketahui bahwa tahapan yang saya berikan ini hanya salah satu langkah dari sekian banyak langkah/metode pembuatan slide preparat. Jadi terserah Anda mau mengikuti atau tidak, tapi setidak-tidaknya, mudah-mudahan artikel yang sederhana ini bisa membuat sedikit tambahan wawasan khususnya bagaimana cara membuat slide preparat mikroskop.

Ilmu yang berhubungan dengan pembuatan preparat ini sering dikenal dengan Mikroteknik (dalam hal ini Mikroteknik Tumbuhan), yang khusus mempelajari pembauatan preparat (sediaan) awet atau sementara. Diantara teknik-teknik yang ada, maka pembuatan preparat dengan metode parafin serta preparat kayulah yang akan dibahas dalam artikel ini. Dalam metode paraffin, bahan disimpan dalam parafin agar kemudian dapat dibuat sayatan-sayatan tipis yang dikenakan pewarnaan sebelum diamati dengan mikroskop.

Penyayatan kayu memerlukan proses persiapan tersendiri. Adanya perbedaan-perbedaan yang khas bagi setiap spesies memerlukan sedikit pengetahuan mengenai siklus hidup spesies yang bersangkutan, stadium pertumbuhannya disamping pengetahuan mengenai struktur dan sifat kimia berbagai macam jaringan dalam bahan tersebut, kemudian reaksi yang mungkin terjadi terhadap reagen-reagen yang akan dikenakan kepadanya.

Pembuatan Slide Preparat Tumbuhan
Pembuatan Slide Preparat Hewan

0 Comments:

Search di Google

blogger templates | Make Money Online

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner